The NBA Finals 2009 : Lakers Road To Final

lakers_logo_1991_altLos Angeles Lakers, Peraih 14 titel Juara NBA dan 29 kali menginjakkan kaki mereka di partai final NBA, tahun ini kembali ke Partai Final NBA 2009.

Lakers, yang tahun lalu menjadi Runner Up setelah mereka dikalahkan Oleh Boston Celtics pada Game 6 NBA Finals 2008 di Boston Garden, kandang The Celtics. Tahun ini Mereka kembali ke final, dan berkesempatan untuk mendapatkan Cincin Juara NBA.

Perjalanan Lakers ke partai puncak NBA tahun ini, tidak bisa dibilang mudah. Lakers, yang menjadi unggulan pertama dari wilayah barat, dengan rekor kemenangan 65-17, harus melewati ujian yang sering disebut “The Wild Wild West”. Julukan ini dikarenakan tim-tim di wilayah barat memiliki kemampuan yang sangat merata. Dan persentase menang-kalah wilayah barat sangat ketat.

Di babak pertama playoff wilayah Barat, Lakers harus menghadapi Utah Jazz. Utah Jazz dengan rekor menang kalah 48-34, adalah tim unggulan delapan wilayah barat. Tim ini terkenal dengan permainan pick n roll ala pelatih mereka Jerry Sloan.

Phil Jackson, pelatih Lakers, telah dua kali bertemu dengan Jerry Sloan di Final NBA, yaitu tahun 1997 dan 1998. Ketika itu, Phil, dengan 3 bintangnya, Jordan-Pippen-Rodman, memainkan pola triangle offense, sementara Jerry, dengan bintangnya, Stockton dan Malone, memainkan pola pick and roll.

Phil memenangkan dua final tersebut.

Pada Playoff 2009, Phil Jackson, bersama Kobe Bryant dan Pau Gasol, memenangkan seri babak pertama playoff mereka melawan Jazz dengan skor 4-1. Playoff NBA menggunakan sistem pertandingan best 0f seven, suatu sistem yang mengharuskan kedua tim memainkan 7 pertandingan dengan catatan yang meraih 4 kemenangan adalah yang menjadi pemenangnya.

Di semifinal wilayah barat, Lakers harus berhadapan dengan Houston Rocket dan bintangnya, Yao Ming (China). Houston Rockets maju ke semifinal setelah mengalahkan Portland Trailblazers, 4-2.

Seri ini berlangsung ketat dan kompetitif. Lakers dan Rockets harus memainkan semua pertandingan sampai Game ke 7 untuk menentukan pemenangnya. Akhirnya, Rockets dengan Yao Ming dan Ron Artest, harus memberi jalan kepada Lakers untuk maju ke Final Wilayah Barat.

Di Final Wilayah Barat, Denver Nuggets bersama Carmello Anthony dan tambahan amunisi baru tapi muka lama di NBA Final, point guard veteran, Chauncey Billups telah menunggu. Pada Final 2004, Chauncey Billups dan Detroit Pistons mengalahkan Los Angeles Lakers. Kala itu, Lakers masih diperkuat oleh Shaq O’neal dan Karl Malone. The Nuggets mendapat istirahat beberapa hari sebelum Final karena mereka sukses mengkandaskan Dallas Mavericks bersama bintangnya asal Jerman, Dirk Nowitzki, 4-1. Tidak seperti Lakers yang harus main hingga Game 7, Nuggets hanya butuh 5 Game saja di Semifinal.

Final Wilayah Barat mempertemukan Unggulan 1 dan unggulan 2, yaitu Los Angeles Lakers dan Denver Nuggets. Pertandingan di Final wilayah diakui oleh pemain Lakers sangat berat. Nuggets yang sekarang memiliki Jenderal di lapangan baru yaitu Billups, mampu mengimbangi Lakers. Hingga Game 4, kedudukan 2-2. Sebelum akhirnya Lakers merebut Game 5 dan 6 untuk maju ke The Finals. The NBA Championships Games.

Sejak mereka kalah di Final tahun lalu, menjuarai NBA tahun ini mungkin menjadi penghilang rasa sakit yang paling ideal.

Empat kemenangan lagi, Kobe Bryant dan Derek Fisher, mendapatkan cincin juara NBA mereka yang keempat.

Menang atau kalah, Phil Jackson dan Kobe Bryant telah menunjukkan bahwa mereka adalah Dinasti teranyar dari Los Angeles Lakers.

(Sumber : nba.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: